Wednesday, May 29, 2013

TANAM KURMA

Cara menanam pohon kurma Pohon kurma tumbuh di indonesia ? apa mungkin ? berikut cara menanam pohon kurma Menanam kurma menggunakan biji. Biji-biji kurma mudah ditemukan setelah memakan buah kurma kering. Ia dipisahkan untuk tujuan penyemaian.
Kita bisa menentukan jenis-jenis kurma yang populer yang biasa dibawa pulang dari tanah Arab adalah ajwah dan ambar. cara menanam pohon kurma Rahasia Penyerbukan Pohon kurma memiliki jenis kelamin yaitu pohon jantan dan pohon betina. Kedua jenis kelamin menghasilkan bunga. Tahukah Anda bahwa bunga-bunga kurma tidak menghasilkan bau dan rasa? Oleh karena itu, serangga dan lebah biasanya tidak membantu di dalam proses penyerbukan pohon kurma. Dalam pembuahan, bunga jantan dan bunga betina harus dilakukan dengan bantuan manusia menggunakan tangan.
 Bunga-bunga kurma jantan bisa diambil dan disimpan di dalam pendingin selama setahun jika pohon-pohon kurma betina belum menghasilkan bunga. Proses penyerbukan bisa dilakukan dari tiga sampai 30 hari setelah bunga-bunga betina keluar dari mayang pohon.

 Proses membuat serbuk sari dari bunga jantan

1.Membuang kelopak mayang kurma mulai dari atas ke bawah. Mayang pohon kurma jantan biasanya tertutup untuk menghindari tiupan angin atau serangga. Kemudian letakkan bunga kurma jantan tadi pada rak yang kering.
2 Setelah pengeringan bunga kurma jantan selesai, goyanglah bunga kurma jantan tadi untuk mendapatkan serbuk sari kurma jantan.
3. Bunga-bunga kurma jantan dibagi menjadi dua bagian. Satu pohon bunga kurma jantan bisa digunakan untuk menyerbukkan 40 sampai 50 pohon kurma betina.
4.Setelah proses penyerbukan selesai maka bunga kurma ini harus diberi jarak untuk menghasilkan buah kurma yang besar. Bilah bunga yang rapat hanya menghasilkan buah yang banyak tapi ukurannya kecil.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.