Thursday, September 10, 2020

KHASIAT Tanaman Liar Karamunting

Tanaman Liar Karamunting, Khasiatnya Ternyata Dahsyat!



Walau nampak kurang menarik, karamunting ternyata mempunyai beberapa khasiat. Ekstrak antosianin dari buah karamunting dilaporkan mempunyai aktivitas antioksidan yang kuat. Antioksidan diperlukan untuk mencegah atau mengurangi penyakit akibat radikal bebas. Selain kandungan antioksidan pada buah, penelitian lain menunjukkan bahwa daun karamunting mengandung senyawa golongan flavonoid, steroid, triterpenoid, tanin galat, tanin katekat, kuinon dan unsur natrium, kalsium, kalium serta magnesium.

Berikut manfaat karamunting yang ampuh untuk melawan penyakit kronis. 

1. Obat tradisional

Warga Malaysia mempergunakan buah, daun, dan akar Karamunting untuk mengobati diare. Sedangkan di Sumatera dan Kalimantan daun Karamunting dipergunakan untuk menyembuhkan luka.  Sementara buahnya dimakan atau dicampur dengan es, gula, dan air untuk dijadikan minuman dingin. Ada pula yang mengumpulkan buahnya untuk dijadikan semacam selai.

Masyarakat China mempergunakan daun Karamunting untuk meredakan rasa sakit, akarnya untuk menyembuhkan sakit perut, dan bijinya untuk melawan racun ular. 

2. Anti-Kanker

 Flavonoid yang terkandung pada buah Karamunting mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, asma, dan stroke.  Karamunting juga dapat melindungi otak dari radikal bebas dan ion metalik. 

3. Menyembuhkan luka

Ekstrak akar Karamunting dapat meningkatkan produksi trombosit dan fibrinogen sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka dengan membunuh bakteri yang hinggap pada luka.(*)







No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.