Wednesday, July 10, 2019

Fakta Bayi Kembar

Mitos dan Fakta Bayi Kembar


Image result for kembar


Ilustrasi bayi kembar baru lahir. shutterstock.com

Ada banyak mitos mengenai bayi kembar yang tidak sepenuhnya benar. Mengetahui perbedaan mitos dan fakta mengenai bayi kembar dapat membantu orang tua, orang kembar, dan guru untuk mengetahui aspek-aspek penting mengenai kehidupan orang kembar. 

Dilansir dari Elsevier SciTech Connect, seorang Profesor Psikologi di CSU Fullerton dan Direktur Pusat Studi Kembar, Nancy L. Segal, menjelaskan lima mitos dan fakta mengenai bayi kembar. 


Image result for esp
#Kembar identik bisa berkomunikasi menggunakan ESP (Extra sensory perception)
ESP adalah kemampuan perseptual yang tidak melibatkan kelima indera manusia, seperti penglihatan, penciuman, peraba, pendengaran, dan perasa. Namun, tidak ada penemuan yang bisa membuktikan bahwa kembar identik bisa berkomunikasi tanpa menggunakan kelima indera manusia, seperti membaca pikiran satu sama lain. Kembar identik memang memiliki kedekatan yang seringkali melebihi orang lain, namun bukan berarti mereka bisa membaca pikiran satu sama lain. 
#Kembar selalu lahir di hari, bulan, dan tahun yang sama
Orang kembar bisa lahir di hari, bulan, dan tahun yang berbeda. Pasangan bayi kembar bisa lahir di hari, bulan, dan tahun yang berbeda tergantung dari jam kelahirannya. Contohnya, bila bayi pertama lahir sebelum tengah malam tanggal 31 Desember, bayi kedua bisa lahir setelah tengah malam tanggal 1 Januari. 
Related image
#Kembar identik punya sidik jari yang sama
Kembar identik tidak memiliki sidik jari yang identik. Sidik jari mulai berkembang antara minggu ke-10 dan ke-25, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti suhu, posisi intrauterin, dan kepadatan cairan ketuban di dekat jari.
Image result for ubi putih
#Makanan bisa meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar
Diperkirakan bahwa ubi putih mengandung sifat-sifat yang merangsang kesuburan. Sifat-sifat ini bisa menipu tubuh wanita untuk melepaskan hormon-hormon yang memicu ovulasi. Penemuan ini terbukti dengan tingginya tingkat bayi kembar di Yorùbá di Nigeria barat, di mana banyak wanita makan ubi putih.
Related image
#Laki-laki dan perempuan bisa jadi kembar identik
Ini adalah mitos yang salah. Kembar lawan jenis adalah kembar fraternal, karena mereka tidak memiliki gen yang identik. Laki-laki memiliki kromosom X dan Y dan perempuan memiliki dua kromosom X, jadi mereka berasal dari telur yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.