Saturday, November 16, 2019

#Galaxy #BIMASAKTI

Muncul dari Lubang Hitam, Bintang Ini Melaju Cepat di Galaksi Bima Sakti

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 08:00 WIBhttps: img-z.okeinfo.net content 2019 11 15 56 2130366 muncul-dari-lubang-hitam-bintang-ini-melaju-cepat-di-galaksi-bima-sakti-lD7GwJgLpR.jpg

JAKARTA- Sebuah bintang telah terlihat melaju kencang di luar angkasa. 
Bintang tersebut tampak berasal dari lubang hitam.
"Bintang itu terlempar keluar dari lubang hitam di pusat galaksi kita, yang dikenal sebagai Sagitarius A. Ini berjalan sangat cepat sehingga pada akhirnya akan dibuang keluar dari galaksi dan tidak pernah kembali," kata para ilmuwan, seperti dilansir dari laman Independent, Sabtu (1611/2019).
Para ilmuwan pun menggambarkan benda langit tersebut sebagai pengunjung dari negeri asing yang datang ke tengah galaksi Bima Sakti.
Para peneliti Universitas Carnegie Mellon mengungkapkan bahwa bintang terlihat di rasi bintang Grus atau bangau. Para peneliti juga melihat bahwa bintang itu bergerak 10 kali lebih cepat daripada kebanyakan bintang di galaksi Bima Sakti.
 Muncul dari Lubang Hitam, Bintang Ini Melaju Cepat di Galaksi Bima Sakti
"Kecepatan bintang yang ditemukan begitu tinggi sehingga mau tidak mau akan meninggalkan galaksi dan tidak pernah kembali," kata Douglas Boubert dari Universitas Oxford yang juga turut andil dalam penelitian.
Untuk diketahui, bintang berkecepatan tinggi semacam ini baru ditemukan sekitar 20 tahun yang lalu. Hal tersebut tetap menjadi hal yang misterius bagi para ilmuwan. Para astronom juga tidak pernah melihat salah satu bintang misterius begitu cepat dan dekat sebelumnya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.